Minggu, 23 September 2012

Tips and trick android root


Penjelasan dan Cara Root Android

Root? apaan itu root? bagi para pengguna android tentu tidak asing dengan istilah ini, tapi apa sebenarnya kelebihan  root? dampak dari root? yuk kita simak
Root yaitu untuk memberikan hak akses penuh kepada pengguna android untuk dapat masuk ke sistem android tersebut. Dalam arti kata pengguna dapat menambah, memodifikasi, meupun mengurangi/menghapus file2 yang ada pada sistem android yang apabila android dalam keadaan standard (belum root) file2 tersebut tidak dapat diakses. Jika dianalogikan seperti halnya pada windows, fungsi root yaitu memberikan hak administrator pda perangkat android anda.
Kelebihan setelah di root?
Seperti pada penjelasan di atas selain memberikan akses administrator, anda dapat menginstalasi aplikasi yang hanya bisa jalan pada android yang sudah root, contohnya aplikasi : root explorer, font changer dan sebagainya. Anda juga dapat melakukan overclocking CPU android. Dapat dengan mudah memindah aplikasi2 ke microsd.
Dampak/kekurangan setelah android di root?
Dampaknya yaitu garansi akan hilang. Karena dengan kita root android kita sudah membuka segel android tersebut. Diibaratkan dengan PC ketika kita ingin menambah performa PC tersebut misal menambah ram atau kartu grafis maka kita  membuka segel casing PC tersebut. Dan menurut berbagai sumber yang saya baca jika terjadi gagal root maka android akan brick (mati) jika sudah begitu jalan satu2nya android harus di flash ulang. (sempat takut juga sih waktu saya mau root android saya, api akhirnya saya root juga deh hehe).
Trus gimana cara root android?
Oke sebelum menginjak ke proses root saya sarankan anda untuk membaca banyak review root untuk hp android anda. kebetulan hp yang saya pakai HUAWEI Ideos X1 (U8180).
Baik anda siapkan tool2nya :
  • driver hp android
  • Menggunakan Windows 7 atau jika anda menggunakan windows xp harus intall dulu microsoft .net framework minimal versi 2.0 jika belum punya minta mbah google.
  • superoneclick (portable tanpa install) download disini
  • Kabel data
langkah2:
  • setelah install dulu driver bawaannya
  • extrak hasil downloadan superoneclick, kemudian klik superoneclick.exe
  •  pada android anda setting debugging mode, caranya yaitu masuk ke menu setting >> development >> beri ceklist pada USB debugging.
  • setelah itu kita balik lagi ke superoneclick yang tadi sudah dibuka.
  • klik root tunggu sampai proses selesai (cuma bentar, waktu saya root kemarin ga sampai 10 detik sudah selesai).
  • Proses selesai dengan munculnya pesan Device rooted , kemudian klik ok.
  • Coba lihat pada menu aplikasi jika terdapat aplikasi bergambar tengkorak “superuser” berarti root berhasil.
Gimana? sudah jelas? mudah kan?
Saya peringatkan lagi untuk anda yang ingin root agar baca banyak2 artikel/review mengenai device/hp android yang and pakai.
selamat ber-experiment :)

Tidak ada komentar: